Sabtu, 30 Mei 2009

surabaya kota korak(kotoran rakyat)

apa kita tahu tentang sejarah?bagaimana dengan kota surabaya?apakah cuma kota pahlawan saja? bukan kta surabaya menyimpa banyak sekali cerita cerita yang kita tidak ketahui..

apa contohnya?apakah kita sadar dan paham kalo kota surabaya sebenarnya adalah kota yang berasal dari komunitas para korak (kotoran para rakyat) mau tau ceritanya?

Tempat pembuangan korak.
Di dalam buku En Werd Een Stad Geboren(telah lahir sebuah kota), hipotesis GH von Faber :Bahwa kira kira sekitar tahun 850 M,muara kali berantas letaknya jauh lebih ke selatan daripada apa yang kita lihat sekarang.Pada waktu itu garis batas tersebut ada di kawasan wonokromo sekarang.Sementara di muaranya ada delta yang terdiri dari pulau pulau kecil dalam bentuk rawa.di kawasa tersebut juga ada 9 anak sungai yang di kenal sebagai,Kali Greges,Kali Anak,Kali Krembangan,Kali Mas,Kali Pegirian,Kali Anda,Kali Palaca,Kali Bokor,dan Kali Pecekan.diantara ke sembilan sungai tersebut Kali Mas dan Kali Pegirian menjadi sungai yang amt penting waktu itu.
 Kata Von faber,pemukiman manusia pertama di Surabaya adalah di Pulau Domas!Pulo wonokromo ada!tetapi letak pulau domas sendiri menurut Von Faber ya berada di sekitar terminal joyoboyo, Von Faber bilang bahwa:Pemukiman pertam ini terjadi kira kira saat berdirinya kerajaan mataram hindu pada abad ke-9, dan yang tinggal di Pulau Domas adalah orang orang hukuman(Strafkolonie), yaitu para narapidana, orang gila, orang cacat jasmaniah, tawanan perang, pokoknya orang orang yang kehadiranya tidak bisa diterima oleh masyarakat pada waktu itu.bukan itu saja masyarakat juga menimpakan hukumannya. Keturunan para Korak(kotoran rakyat) itu pun harus tinggal di pulau domas hingga keturunan ke delapanmeskipun walaupun ada yang sudah terbebas dari pengasingan namun masih bnyak yang suka menentap di pulau tersebut.Dari situ baru munculah perkampungan perkampungan baru.lama lama didirikanlah pelabuhan disekitar tempat itu,namanya pelabuhan Dadungan tempatnya di stasiun wonokromo.dan sampai pada akhirnya masyrakat buangan tersebut membuat peraturan sendiri seperti peraturan lalu lintas sungai.
 Ini adalah sejarah awalnya terjadi kota surabaya menurut GH Von Faber yang di landasi dengan bukti bukti kongkrit yang sekarang datanya tersimpan rapi dui negeri belanda.selain itu juga banyak sekali cerita rakyat yang berkembang tentang terjadinya kota Surabaya ini.


1 komentar:

  1. wegh......gaya rek aq due blog.........
    yang mau share tentang lahirnya surabaya ayo2 aq mau

    BalasHapus